Asiknya Menghafal Kosakata melalui Permainan Treasure Hunt (Berburu Harta Karun)
Abstraksi
Treasure hunt (berburu harta karun) adalah salah satu bentuk permainan untuk membantu anak-anak mengenal kosakata bahasa Inggris. Bentuk permainan ini terinspirasi dari
metode belajar dari Ruang Belajar (Indonesia Mengajar) dan sedikit di
modifikasi dengan bantuan media gambar agar lebih menyenangkan. Dengan media
visual diharapkan dapat meduukung pencapaian belajar anak-anak di dalam
kelas.
Latar Belakang
Menghafal kosakata khususnya bahasa Inggris tentunya hal yang agak sulit untuk anak-anak, apalagi dihadapkan dengan metode yang monoton atau konvensional yang diajarkan di sekolah mereka. Maka kami mencoba metode ini agar melibatkan semua siswa dalam proses belajar mengajar. Diantara media pembelajaran, media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Hal ini dikarenakan anak-anak khususnya siswa sekolah dasar lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambar dibuat dan disajikan dengan menarik, sudah tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Alat dan Bahan
- Kertas Karton
- Media gambar
- Double tip
- Alat tulis
Metode
1. Langkah Pertama
Sebelum memulai pelajaran,
pengajar I dan II terlebih dahulu
melakukan “brainstorm” pada siswa dengan menanyakan benda-benda apa saja yang
ada di sekeliling kelas mereka.
2. Langkah Kedua
(Ilustrasi)
|
3. Langkah Ketiga
Pengajar I kemudian mengenalkan siswa benda-benda apa saja yang ada di kertas karton tersebut dan menuliskan di papan tulis kata-kata tersebut dalam bahasa inggris beserta artinya. Siswa diharapkan mengenal atau menghafal semua kosakata yang ada karena mereka akan berburu harta karun.
Pengajar I kemudian mengenalkan siswa benda-benda apa saja yang ada di kertas karton tersebut dan menuliskan di papan tulis kata-kata tersebut dalam bahasa inggris beserta artinya. Siswa diharapkan mengenal atau menghafal semua kosakata yang ada karena mereka akan berburu harta karun.
4. Langkah Keempat

Kelompok I bertugas : untuk mencari kosakata bahasa inggris di sekitar kelas mereka dan menempelkan kata yang mereka dapat sesuai dengan gambar yang ada di kertas karton. (di sisi tengah). Setelah semua lengkap kelompok 1 keluar kelas dan berbaris dengan rapi. Kemudia giliran kelompok II untuk beraksi.
Kelompok II bertugas : untuk mencari arti kata (bahasa Indonesia) di sekitar kelas mereka dan menempelkannya di sisi kanan kertas karton.
Catatan : ketika pengajar II sedang menjelaskan peraturan permainan di luar kelas , Pengajar I yang berada di dalam kelas bertugas untuk menyebar potongan-potingan kertas kosakata (bahasa inggris dan bahasa Indonesia) di dalam kelas.
5. Langkah Kelima
Ketika berburu harta karun
sudah selesai dan semua kosakata sudah lengkap. Maka semua siswa kembali masuk
didalam kelas dan mencatat 12 kosakata tersebut di buku tulis mereka. Kemudian
pengajar I dan II kembali mereview 12
kosakata yang telah mereka pelajari dean mengajarkan cara pelafalan tiap kata
dengan baik dan benar pada siswa.
Catatan : Permainan ini juga dapat diterapkan pada model pembelajaran di luar kelas (alam bebas) dengan memodifikasi beberapa hal, pengajar dapat mengajarkan kosakata mengenai tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar. (RWA)
Selamat Mencoba ^_^
Asiknya Menghafal Kosakata melalui Permainan Treasure Hunt (Berburu Harta Karun)
Reviewed by Unknown
on
20.10
Rating:

Tidak ada komentar